Breaking

Thursday, July 12, 2018

Dover Castle Histel

Kalau Anda malas tinggal di Hotel - karena bosan, atau budget pas-pasan, pilihan tempat tinggal di London adalah hostel. Hotel dan hostel hanya beda satu huruf: s. Tapi dari segi harga jauh berbeda. Kenyamanannya? Ya, pasti juga berbeda sesuai harga.

Kalau di hotel Anda tingal sendiri atau berdua sekamar, di hostel Anda tinggal rame-rame. Ada hostel yang menawarkan tinggal 8 orang sekamar dan ada pula yang 18. Bahkan ada yang 40 orang. Sebuah kamar seperi aula disulap jadi kamar tidur. Dipan-dipanya dibuat bertingkat. Kesan pertama, Anda mengira itu geladak kapal. "

Di Dover Castle Hostel saya sekamar dengan 12 orang. Ada India dan pakistan. Ada juga yang berasal dari Eropa seperti Jerman dan Belanda. Mereka rata-rata anak muda yang gemar keliling dunia dengan hanya membawa ransel. Istilah kerennya backpacker.

Karena pagi jam 8 pagi sudah berangkat dan baru pulang setelah jam 9, mubazir sebenarnya membayar sewa hotel yang mahal. Kalau di Waldorf Hilton Anda harus merogoh kantong 5 juta rupiah semalam, di hostel Dover Castel cukup 250 ribu saja.

Walaupun ditempati ramai-ramai, kamarnya bersih tidak pengap. Dilengkapi pemanas udara untuk melawan hawa dingin di luar. Ada cafe yang menyediakan makanan dan minuman bagi yang mau beli. Yang malas beli, tersedia dapur untuk memasak. Tinggal beli sayur, telor, atau mie di minimarket, lalu masak sendiri.

Untuk mencuci, tersedia mesin-mesin cuci yang disewakan. Operasikan sendiri. Cucian langsung sampai kering. Tersedia pula setrika bagi yang mau tampil lebih necis.

Karena tidak mungkin meletakkan kopor di kamar karena sempit, terdapat ruang penyimpan kopor. Ke kamar cukup bawa satu tas kecil atau ransel yang berisi handuk, peralatan mandi, dan carger HP.

Kamar mandi dipakai bergantian, tapi handuk dan peralatan mandi harus disiapkan sendiri. Airnya hangat. Biar tidak antri, bangunlah sebelum subuh dan mandi duluan sebelum orang lain mandi.

Air botol dijual di cafe. Tapi kalau mau lebih hemat, minum air keran saja. Langsung minum, tidak perlu direbus, kecuali Anda mau bikin kopi. Perebus air juga ada kalau mau.

Itulah indahnya tinggal di hostel. Banyak kawan. Setelah Anda jalan keluar, berpakaian rapi, naik bus atau tube toh tidak ada yang akan mengesan kalau Anda tidak menginap di Waldrof selama berkunjung di London. Kalau hanya sekedar kesan, toh siang hari tinggal mampir ke Waldorf, anda selfie di lobi hotel mewah itu. Gratis.